10 Months of Aleisha

my little princess

Sebagai seorang ibu, tentu saja saya ingin mengetahui perkembangan Aleisha. Apalagi setiap kali bertemu dengan kawan atau kerabat yang selalu ditanyakan, “Al udah bisa apa?” Alhasil saya pun sering berpikir tentang perkembangan Aleisha, apakah sudah sesuai usianya. Beberapa teman langsung mendatangi dokter untuk menanyakan tumbuh kembang anaknya. Tapi sebenarnya, ada lho tes yang bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan anak sesuai usianya. Namanya Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Untuk mengetahui mengenai cara penggunaan KPSP silakan klik link berikut ini.

Aleisha sekarang berusia 10 bulan 14 hari. Berarti menggunakan KPSP usia 9 bulan. Dan… here is the result.

1. Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.

0306-41

Alhamdulillah Genduk udah jago bangun sendiri. Agak-agak malas disuruh berdiri tegak jika baru bangun tidur. Ya iyalah. Emaknya juga males disuruh bangun kalau baru melek #EmakKeset.

2. Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda?benda panjang seperti sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai.

Yup bisa. Setelah kue dipindahkan dari tangan satu ke tangan lainnya, langsung diremet-remet dan hancur.

3. Tarik perhatian bayi dengan memperlihatkan selendang, sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi?

Setiap lihat selendang dijatuhin, Genduk mengambil dan mengacungkan ke bunda atau eyangnya. Minta gendong.

4. Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan/kue kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama? Jawab TIDAK bila bayi tidak pernah melakukan perbuatan ini.

Kayaknya yang ini belum bisa. Ambil satu dulu, terus ambil yang lain.

5. Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya? Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada kedua kakinya.

Genduk akan berdiri dengan tegak di atas kakinya. Tapi kalau lagi males ya ogah diberdiriin.

2013-04-07 09.21.19

6. Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda kecil seperti kismis, kacang?kacangan, potongan biskuit, dengan gerakan miring atau menggerapai seperti gambar ?

09-1

Bahkan kotoran cicak pun dipungutnya. Jadi rumah harus sering-sering disapu.

7. Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding, dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik?

09-2

She did!

2013-03-18 18.42.44

8. Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri?

Bisa. Tapi sama Genduk dihancurkan dulu. Setelah itu dipunguti dan dimasukkan mulut.

9. Pada waktu bayi bermain sendiri dan anda diam-diam datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan.

Hihihi si Genduk nih kayak punya indra keenam. Dia selalu tahu setiap ada orang diam-diam berdiri di belakangnya.

10. Letakkan suatu mainan yang dinginkannya di luar jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan atau badannya?

Genduk orangnya suka mau tahu. Dia akan mengejar sampai dapat benda yang membuatnya penasaran.

 

Alhamdulillah, hasilnya banyak jawaban YA. Itu berarti perkembangan Aleisha sudah sesuai usianya. Namun saya harus terus memberikan simulasi supaya tahap perkembangan Genduk sesuai usianya.

Yuk, Mak. Cobain kuisioner ini ^_~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + three =