Aleisha Mogok Minum ASIP Pakai Dot

Sebulan yang lalu Aleisha pernah mogok minum pakai dot. Ketika pulang kantor, Mama langsung memberondong saya.
“Aduh, Dedek nggak mau minum lho dari tadi. Disembur terus?”
“Tapi rewel nggak, Ma?” tanya saya. Agak khawatir karena biasanya Aleisha suka-suka saja minum dari dot.
“Nggak sih. Udah tiga kali lima puluh mili kebuang.”
Glek! Tiga kali lima puluh mili? Berarti seratus lima puluh milil dong? Hwaahaaaa… rasanya pingin nangis gerung-gerung. Buat saya, seratus lima puluh mili itu banyak sekali. Maklum sekali perah hanya sekitar sembilan puluh sampai seratus dua puluh mili.
Aleisha pun saya minta dari Mama. Begitu saya gendong, ia heboh dengan mulut berdecap-decap.
“Mau nenen, Nduk? Lapar ya nggak mau minum ASI perahnya Bunda?”
Saat saya membuka gentong, Aleisha langsung menyosor seperti harimau kelaparan. Hisapannya dalam dan kuat. Ia menyusu hampir satu jam. Ya Allah kasihan sekali anak Bunda.
Sambil menyusu, saya mengajak Aleisha bicara.
“Kenapa, Nduk, nggak mau minum? Enakan minum dari gentong ya? Anget.”
“Heee… Heee….” Aleisha menjawab dengan gerungan.
“Iya, Bunda minta maaf ya tiap hari ninggalin kerja. Tapi kasihan Yanda kalau Bunda nggak kerja. Makanya anak cantik doain Bunda ya. Supaya Allah mengganti pekerjaan Bunda dengan pekerjaan yang mendekatkan Bunda sama anak cantik. Ya? Kan yang penting minumnya tetap ASI. Kasihan Bunda kalau ASInya kebuang. Besok lagi habiskan ASI yang dihangatkan sama Eyang ya.”
Alhamdulillah… aksi mogok minum pakai dot hanya sehari. Esoknya, Aleisha mau lagi minum dari dot. Huft… leganya. Terkadang perasaan bersalah menghampiri setiap meninggalkan Aleisha bekerja. Namun saya bersyukur Allah masih memberikan perasaan bersalah. Itulah yang membuat saya selalu mengoptimalkan waktu berkualitas saya dengan Aleisha.

 

7 thoughts on “Aleisha Mogok Minum ASIP Pakai Dot

  1. jadi inget…anakku juga pernah mogok ASIP pas awal-awal kerja…udah pake segala cara, hampir seminggu mogoknya…tapi akhire mau juga minum ASIP…dek Aleisha nurut ya mogoknya cuma sehari….sekarang setelah MP ASI baru tau ada botol sendok yang buat jus untuk baby, kayaknya itu bisa buat minum ASIP biar nggak bingung puting….entar deh kalo buat adiknya…Lam Kenal ya…..

  2. bund, adel lagi mogok minum asip dari tgl 30 mei 2014 kmr, sampai skr masih mogok minum dot. sudah dipaksa menggunakan dot. berbagai merk dot di coba, tapi masih belum mau juga 🙁
    coba pake sendok dan cup feeder, hasilnya nihil. hiks…
    skr liat dot saja sudah jerit2 bund, help bund, skr adel umur 3m29d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 3 = three