Belanja Online Semakin Mudah dan Nyaman

1Suatu malam, saat mengobrol berdua dengan suami, saya mengajukan proposal membeli sebuah perabot elektronik.

“Yanda, kalau punya duit lebih boleh ya beliin food processor,” pinta saya.

“Emang buat apaan? Kan udah ada blender?” tanya suami.

“Ya beda dong. Kalau buat ngalusin daging atau ikan pakai blender, musti nambah air. Pakai food processor kan gak perlu tambah air biar halus. Giling di pasar khawatir gak bersih,” saya berusaha menjelaskan panjang lebar.

“Ya boleh. Bagus merek O****.” Setelah setuju, suami malah merekomendasikan sebuah brand elektronik. Saya mengangguk setuju. Dalam hati bahagia karena proposal diterima. Walau belinya tidak dalam waktu dekat.

“Beli online aja. Biasanya lebih murah. Tapi cari yang terpercaya toko onlinenya,” suami kembali memberikan saran.

Hmmm… Sebenarnya saya sering sih belanja online. Tapi belanja elektronik via online? Kok saya ragu ya. Iya pasti khawatir barang rusak, tidak sesuai deskripsi, atau ditipu oleh seller. Cuma saya tetap penasaran, masa sih bener-bener enggak ada online shop terpercaya untuk produk elektronik. Akhirnya saya pun coba berselancar di Google, lalu terdamparlah saya di situs blanja.com

5

Dan saya baru tahu ternyata blanja.com adalah mitra dari eBay yang bekerja sama dengan Telkom Indonesia. Ya kalau mitranya saja eBay dan Telkom, enggak mungkin kan ya terjadi penipuan. Kemudian saya melihat KATEGORI di sidebar bagian kiri. Wuah, ternyata super komplit ya barang-barang yang dijual. Fashion & Aksesoris, Kesehatan & Kecantikan, Telepon & Gadget, Anak, Bayi & Mainan, Rumah & Elektronik, Komputer, Film, Musik & Buku, Otomotif, Fotografi dan Video, hingga Sport, Travel & Food.

Berhubung ingin mencari food processor, saya langsung memilih kategori Rumah & Elektronik. Muncullah beberapa jenis food processor. Dan voila, food processor yang saya inginkan ada lho di blanja.com. Sayang, belum ada budget untuk membeli. Jadi masuk wishlist dulu deh.

Tadinya saya kira untuk membeli food processor bisa dengan Cash On Delivery (COD). Kan namanya beli barang elektronik pingin dilihat dulu, dipegang, dan dicek supaya mantab membelinya. Ternyata untuk produk elektronik tidak bisa melayani COD. Di blanja.com untuk produk yang mendukung COD dapat pada keterangan. Bila melayani COD akan tertera “Support COD”. Namun jika yang tertera biaya pengiriman berarti tidak bisa COD.

4

Oh iya, untuk pembayaran selain COD, bisa melalui TRANSFER ke Bank Permata, VIRTUAL ACCOUNT jika memiliki account Bank Permata, atau TCASH, yaitu pembayaran dengan melakukan pemotongan pulsa dari provider Telkomsel.

Nah, yang menjadi pertanyaan, jika bukan COD, terus bagaimana bila ada kerusakan atau ketidaksesuaian produk dengan deskripsi? Jangan khawatir, blanja.com menyediakan fasilitas refund. Jadi kita mengajukan aplikasi ‘Pengembalian Barang & Refund’. Setelah disetujui oleh pihak penjual, maka kita harus mengembalikan barangnya terlebih dahulu, baru kemudian uang kita dikembalikan.

3

Duh keren dan canggih banget ya fasilitas dan layanan belanja di blanja.com. Jadi enggak sabar ingin secepatnya meminang dan memboyong food processor impian. Ayo nabung… nabung… nabung… Entar keburu dibeli orang lho 🙂

9 thoughts on “Belanja Online Semakin Mudah dan Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five − 4 =