Bermain Flubby Jelly

Udah lama nih Aleisha nggak main yang melatih sensori dan messy alias kotor-kotoran. Beberapa waktu ini saya memang lebih sering mengajak bermain motorik. Berhubung bingung dan kehabisan ide permainan, coba buka webnya Indonesia Montessori dan lihat artikel Abi, anaknya Enno Lerian, lagi main flubby jelly. Wah pas banget Aleisha belum pernah main ini. Terus coba searching di Instagram pakai hastag #FlubbyJelly. Dan wow, ternyata banyak banget yang sharing foto tentang flubby jelly. Lihatnya juga asyik dan seru. Cobain ah…

Karena Aleisha udah 3 tahun, jadi bisa diajak bermain dari awal. Iya, sejak proses memasak jelly-nya. Sebenarnya setelah jelly dimasak dan diberi pewarna, bisa dimasukkan ke frezzer kurang lebih 10 – 15 menit supaya cepat dingin. Tapi karena hampir jam 12, a.k.a waktunya Aleisha tidur siang, saya biarkan saja jelly dingin di suhu ruang.

“Sambil nunggu jelly-nya dingin, bobo siang dulu yuk,” ajak saya. Aleisha pun setuju. Dan saat bangun yang pertama kali ditanyakan adalah… “Bunda, jelly-nya udah dingin belum? Ayo kita main.”

Sumber gambar: IG nixonwidianto

Pinginnya bikin begini. Sumber gambar: IG nixonwidianto

Sebenarnya saya ingin membuat miniatur peternakan. Cuma saya cari mainan hewan-hewan Aleisha nggak ketemu. Terus bocahnya juga udah nggak sabar. Ya udahlah, main seadanya aja.

20150923_160032 20150923_160036 20150923_160039 20150923_160210 20150923_160216 20150923_160225 20150923_160901 20150923_161931

Aleisha antusias banget. Pertama, dia meraba dan menekan pelan jelly di hadapannya. Mungkin dia gemas, lalu jelly-nya diremet-remet dan dicampur semuanya. Kemudian dia bermain jual-jualan es. Udah bosan, jelly-nya dicecer-cecerin. Nah, buat anak usia 1 – 2 tahun, kita bisa mengajarkan arti licin. Iya, jelly yang berceceran itu membuat lantai menjadi licin. Kalau Aleisha gimana? Dia mah malah disengajain biar kepleset, terus ketawa cekakakan. Pada akhirnya, dia berenang di atas ceceran jelly. Maka dari itu, saya mengajaknya bermain di luar supaya lebih mudah dibersihkan.

Oh iya, kalau mau bikin flubby jelly, caranya gampang kok, Moms. Cukup campurkan 1 bungkus Nutrijel plain dengan 2 liter air. Rebus, tapi nggak usah sampai mendidih. Bagi menjadi beberapa bagian di wadah terpisah, lalu beri pewarna.

 

 

Regards,

 

3 thoughts on “Bermain Flubby Jelly

  1. assalamu’alaikum mba, waahhh senangnya bs melihat aktifotas aleisha, boleh izin d contek ya mba, buat ank sy, usiany 2,5thn.. slm knl mba, smoga makin byk ide kreatifnya yaa

Leave a Reply to @AstriHapsari_ | Astri Hapsari Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − = one