[RESEP] Bubur Manado, Tinutuan Jo!

Astri Hapsari | @AstriHapsari_

Saya suka sekali dengan bubur Manado. Dalam sebulan, saya bisa memasak menu ini dua atau tiga kali. Padahal saya ini Jawa tulen. Suami juga bukan orang Manado. Tapi saya tidak bisa menolak kelezatan bubur Manado yang dipadu sambal dabu-dabu dan ikan asin atau cakalang suwir.

Lama tinggal di Papua, saya menjadi akrab dengan kuliner asal Manado ini. Lho kok bisa? Iya, karena di Papua itu multi etnis. Penduduknya berasal dari berbagai suku di Indonesia. Kebetulan sewaktu tinggal di Jayapura maupun Sorong, kami pasti mempunyai tetangga asli Manado. Dan sudah pasti mereka senang memasak bubur Manado. Alhamdulillah, kami selalu kecipratan untuk mencipipi.

Sebenarnya waktu awal mencoba bubur Manado, saya tidak terlalu suka. Saya ingat ketika SMU sakit malaria dan tidak doyan makan. Lalu tetangga ada yang mengirim bubur Manado. Dan saya malah mblenek dong lihat bubur diublek-ublek sama sayuran macam-macam 😀 Alhasil, saya cukup lama tidak mau mencoba makan bubur Manado lagi. Ternyata kunci supaya tidak mblenek makan bubur Manado adalah sambal dabu-dabu dan ikan asinnya. Rasa asam dari sambal dabu-dabu yang membuat rasa eneg kabur, enggak balik-balik 😀 Apalagi saat mengunyah bawang merahnya. Hmmm… segarnya…

Dari pada ngiler, yuk ah kita masak.

Resep Bubur Manado Continue reading

[Resep] Arseng, Camilan Tradisional Nan Bergizi Untuk Aleisha

Astri Hapsari | @AstriHapsari_ Aleisha bukan anak yang susah makan. Tapi terkadang dia tidak mau menghabiskan dalam porsi banyak. Mungkin memang kapasitas lambungnya tidak terlalu besar. Saya pun berusaha tidak memaksanya. Walau kadang maksa juga sih *hihihi. Kalau Aleisha sudah benar-benar tidak mau memasukkan makanan ke mulut, saya memakai cara, makan sedikit tapi sering. Salah satunya dengan memberikan camilan.

Terkadang camilan selalu diidentikkan dengan snack atau makanan ringan seperti biskuit atau jajanan dalam kemasan. Hmm… sebenarnya apa sih makna camilan? Menurut KBBI, camilan adalah makanan kecil atau makanan yang dimakan diantara dua waktu makan. Bisa juga disebut sebagai makanan selingan. Jika namanya saja makanan selingan, berarti camilan memiliki peranan penting sebagaimana makanan utama. Sehingga pemberian camilan tidak boleh sembarangan. Kandungan gizinya pun harus diperhatikan.

Astri Hapsari | @AstriHapsari_Aleisha mengenal camilan sejak awal MPASI. Hah memang bayi butuh camilan? Boleh gitu bayi dikasih camilan? Menurut milis MPASI rumahan, tentu saja boleh. Pada dasarnya camilan itu penting untuk mengasup atau menambah kebutuhan nutrisi yang tidak diperoleh dari makanan utama. Namun untuk pemberian camilan, harus disesuaikan dengan usianya. Saat Aleisha 6 bulan, baru awal MPASI, saya suka memberi ASI yang dibuat es balon. Lho bayi kok dikasih es? Hihihi… boleh kok, Mom. Asalkan anak dalam kondisi fit alias tidak sakit. Sesekali bayi juga pingin yang segar-segar 😀

Aleisha ngemil es ASI

Aleisha ngemil es ASI

Continue reading

[RESEP] Sup Senerek atau Sup Kacang Merah

Astri Hapsari | @AstriHapsari_

Dulu sewaktu kecil, ibuk sering memasakkan sup senerek atau sup kacang merah. Katanya sih sup senerek adalah khas dari Magelang. Kebetulan saya menghabiskan masa kecil di kota satu karisidenan dengan Magelang, yaitu Purworejo. Kalau sedang ke Magelang, orang tua suka mengajak saya makan sup senerek di sebuah rumah makan. Tapi jangan disuruh mengingat-ingat nama rumah makannya yaaa. Itu ibarat disuruh mencari jarum ditumpukan jerami *hihihi. Karena tahu saya suka banget sama sup senerek, maka ibuk pun sering membuatkan untuk saya.

Sup senerek berasal dari bahasa Belanda ‘snert’ yang artinya kacang polong. Konon makanan ini sudah ada sejak jaman Belanda. Lalu kacang polong diganti dengan kacang merah karena lebih mudah didapat di tanah Jawa. Yang membuat sup senerek enak adalah kuah kaldu dari tulang iga. Bisa juga kok pakai daging. Tapi kalau saya pakai campuran iga dan daging sapi.

Sup ini sekarang juga menjadi favoritnya Aleisha. Dalam sebulan, saya bisa dua kali memasak sup senerek. Dan dia selalu makan dengan lahap. Like mother, like daughter yaaa 😀

Udah ah ceritanya. Langsung masak aja yukkk…. Continue reading

[RESEP] Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Coklat

Astri Hapsari | @AstriHapsari_

Hari ini rempong banget di rumah. Dari jam empat pagi udah uprek di dapur. Gara-gara tetangga minta dibuatkan dadar gulung buat acara arisan. Haduh… saya sebenarnya enggak pernah niat mau terima pesanan kue atau makanan. Iya suka masak. Cuma untuk keluarga aja. Soalnya saya enggak punya tenaga kuda a.k.a gampang capek. Tapi kok enggak tega yaaa nolaknya. Ya udah deh saya terima orderannya. Sekalian memanfaatkan wajan kuwalik yang jarang saya pakai.

Untuk resep, setelah googling, saya sreg sama resepnya Mbak Diah Didi (as usual). Tapi untinya coklat. Sesuai permintaan tetangga.

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Coklat Continue reading