Kapan Hamil Lagi?

UK 7 Bulan di Trans Lampung

#mitos itu kalo disuruh bhenti nyusuin anak krn sedang hamil lagi. Betul tidak mimin @ID_AyahASI?

Semalam saya tidak sengaja membaca kicauan dari seorang kawan di twitter. Saya pun tergelitik untuk menanyakan via reply.

Wah hamil lagi?

Dan ternyata benar. Kawan saya tersebut sedang hamil. Yang membuat saya takjub karena usia putranya tidak beda jauh dari Aleisha. Dan dia masih menyusui. Langsung saya katakan kepadanya.

Barakallah. Semoga sukses NWPnya. Aku belum siap mental hamil lagi bo.

Yup, jujur saya belum siap mental hamil lagi. Oh bukan… bukan karena trauma hamil atau melahirkan. Saya justru ketagihan ingin hamil dan melahirkan lagi. Saya hanya belum siap memberikan penjelasan kepada tetua yang penuh mitos. Saya masih trauma ketika harus menjelaskan tentang melahirkan yang lembut dan minim trauma, IMD, ASI eksklusif, dan MPASI rumahan aliran food combining. Sungguh sangat menguras pikiran dan cukup makan hati. Masih terngiang di telinga saya saat baru saja melahirkan puting saya ditunjuk, ‘Ini nggak bisa netekin nih.’ Saya juga belum lupa sewaktu ASI belum keluar, saya ‘divonis’ nggak punya ASI. Saya ingat menahan kesal setiap Aleisha menangis dibilang ASI kurang. Sampai sekarang saya masih suka deg-degan Aleisha diberi biskuit Milna atau Regal.
“Anak Mama umur segini dikasih Regal biar diam. Lha si dedek nggak boleh dikasih biskuit. Padahal suka masukin macem-macem ke mulut. Lama-lama sepatu dimakan.” Sabar….
So, saya belum sanggup membayangkan bagaimana harus menerangkan tentang Nursing While Pregnancy jika hamil lagi sekarang. Sedangkan saat sakit radang saja, saya dilarang menyusui. Huft….
Terus kapan rencana Aleisha punya adik? Insya Allah empat tahun lagi setelah orang tua pensiun dan pulang ke Klaten. Saya ingin melahirkan di bidan kita. Saya ingin melahirkan nyama tanpa dikomentari harusnya begini dan begitu. Saya ingin IMD sepuasnya tanpa diganggu dengan kalimat, ‘Nanti bayinya kedinginan’. Saya ingin tenang berlatih menyusui jika nanti ASI belum keluar hingga tiga hari. Semoga semesta mendukung keinginan saya. Amiin….

2 thoughts on “Kapan Hamil Lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + one =