[Matrikulasi Ibu Profesional] NHW #8: Misi Hidup dan Produktivitas

 

Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Saya mau memilih 2 aktivitas di kuadran SUKA dan BISA di NHW #7, yaitu Membersamai Anak-anak dan Ngeblog. Kenapa? Karena 2 aktivitas itulah yang ingin saya geluti. Saya ingin menuliskan aktivitas bersama anak-anak di blog.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1) Kita ingin menjadi apa ? (BE)

Saya ingin menjadi mommy blogger yang isi blog saya bisa menginspirasi ibu-ibu lainnya. Tapi bukan sebagai expert ya. Saya sadar kok saya bukan psikolog. Saya hanya ingin blog saya menjadi media sharing para ibu, seperti Mommies Daily dan The Urban Mama. Blog Rumah Astri sebagai rumah virtual untuk berbagi apa saja dengan mommies lainnya. Tapi fokus saya adalah PARENTING ISLAMI. Parenting berlandaskan Al Qur’an.

2) Kita ingin melakukan apa ? (DO)

Saya ingin menciptakan atmosfer kebersamaan yang lebih hangat lagi bersama anak-anak, membuat kegiatan yang menyenangkan, lalu menuliskannya di blog. Tentu saja saya juga ingin belajar menulis lagi. Supaya tulisan saya enak dan mengalir ketika dibaca oleh mommies lainnya.

3) Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

Saya ingin Rumah Astri menjadi rumah virtual yang menyenangkan untuk dikunjungi. Saya ingin memiliki tulisan terbaik tentang parenting, keseharian sebagai ibu, DIY permainan untuk anak-anak, dan menu yang bergizi namun mudah memasaknya.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Saya ingin bergandengan tangan dengan mommies lainnya menciptakan atmosfer rumah yang hangat. Membuat anak-anak nyaman, betah di rumah, dan dekat dengan orang tuanya. Karena saya sadar, semakin berkembangnya zaman, semakin berat tantangan dalam mendidik anak

2) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin dikenal sebagai mommy blogger yang menginspirasi dan banyak mommies yang mau saling berbagi. Saya mau fokus menulis dan membuat kegiatan menyenangkan bersama anak-anak.

3) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

Dalam satu tahun ini, saya ingin memperbaiki management rumah tangga. Saya sadar, saya sering kali keteteran sehingga waktu bersama anak-anak berkurang karena saya sambi uprek rumah. Saya juga mau lebih meluangkan waktu lagi untuk membaca buku parenting dan tentang membuat permainan/kegiatan bersama anak-anak. And the most important thing adalah memperbanyak mengkaji dan mengamalkan Al Qur’an. Supaya pondasi keimanan lebih kuat dalam mendidik anak-anak.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = five