Meronce Kalung Makaroni Warna-warni

Udah lama sekali ingin mengajak Aleisha bermain meronce. Selain mengasah motorik, meronce juga bisa melatih kesabaran, ketelatenan, dan daya kreativitas. Pasti seru tuh kalau Aleisha berhasil membuat prakarya. Tadinya saya berencana membelikan set meronce untuk membuat kalung, gelang, atau gantungan kunci. Tapi pas melihat harganya, kok jadi sayang mau beli (baca: pelit). Soalnya Aleisha tuh bosenan. Paling sama dia dimainkan dua atau tiga kali aja. Mending habis itu disimpan rapi. Malah disebar-sebar ke mana tahu.

Nah, pas dua hari lalu lagi googling cari DIY mainan untuk melatih sensori, saya menemukan gambar makaroni warna-warni. Terus pas saya buka websitenya, ada gambar seorang anak pakai kalung dari makaroni itu. Wah langsung deh kebayang mainan meronce dari makaroni. Sekalian melatih sensori dan motoriknya.

Langsung deh cus ke pasar. Kebetulan lagi nggak punya stok makaroni. Beli yang biasa aja, nggak usah yang bermerek. Wong cuma buat mainan. Kalau pewarnanya sih masih punya banyak.

Aleisha antusias sekali memulai prosesnya dari pewarnaan makaroni. Saking antusiasnya, Aleisha meneteskan pewarna terlalu banyak. Alhasil, warna makaroni jadi butek. Ya udah biarin. Mungkin menurut kita orang tua, terlihat jelek. Tapi bagus untuk Aleisha. Apalagi itu adalah hasil karyanya.

Selesai makaroni dijemur, saya siapkan tali untuk meronce. Yang gunting tali tentu saja Aleisha. Cuma saya belum mengizinkan Aleisha melakukan proses pembakaran ujung tali. Lalu dia sangat bersemangat memulai proses peroncean. Awalnya sih Aleisha agak kesulitan memasukkan tali ke makaroni. Tapi anak-anak memang fast learner. Nggak sampai lima menit Aleisha sudah mahir meronce.

Sesekali tangannya meremas-remas makaroni. Mungkin dia penasaran dengan tekstur makaroni mentah. Biasa kan dia makan yang sudah matang. Dengan penuh kesabaran dan konsentrasi, Aleisha menyelesaikan proyek kalung makaroninya. Dan taraaa… akhirnya selesai juga. Jadilah kalung makaroni warna-warni yang cantik.

Whaaaa... panjang makaroniku

Whaaaa… makaroniku panjang sekali

Bagus yaaa kalungku

Bagus yaaa kalungku

Oh iya, buat Moms yang mau mencoba, mudah kok. Bahannya juga tersedia di dapur kan. Misal nggak ada pun, beli bahannya murah meriah.

Bahan:

  • Makaroni mentah
  • Plastik. Di web yang saya lihat pakai plastik yang dilengkapi zip lock. Tapi saya pakai seadanya di rumah, yaitu plastik setengah kiloan 😀 Sesuaikan aja dengan yang ada.
  • Pewarna makanan
  • Tali kasur

Cara Membuat:

  • Campur makaroni dan pewarna dalam plastik. Jumlahnya kira-kira aja. Tapi jangan terlalu banyak pewarna jika ingin warnanya cerah.
  • Kocok-kocok plastik supaya warna merata. Karena Aleisha yang mengocok, saya ikat dulu ujung plastiknya.
  • Keluarkan makaroni yang sudah bewarna di wadah. Lalu jemur sebentar hingga warna kering. Kalau pun masih membekas di tangan, no problem kok, Moms. Kan pewarna makanan. Malah Aleisha iseng ngemut-ngemut makaroninya.
Kebanyakan pewarna jadi butek

Kebanyakan pewarna jadi butek

  • Makaroni siap dironce

 

Nah, gampang kan, Moms. Yuk berkreasi dengan roncean makaroni.

 

7 thoughts on “Meronce Kalung Makaroni Warna-warni

  1. Pingback: Bermain dengan Beras Pelangi | @AstriHapsari_ | Astri Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three × 2 =