Perlengkapan MPASI Aleisha

 

Sama seperti emak-emak lain, saat Aleisha berumur empat bulan, saya mulai berburu perlengkapan MPASI. Padahal makannya masih dua bulan lagi. Beberapa emak mungkin bingung memilih perlengkapan yang perlu dibeli. Kalau saya sih nggak ribet. Asal memenuhi syarat berikut ini.

Just For Aleisha

Menurut Pak Wied Harry, peralatan makan bayi di bawah satu tahun belum boleh digabung dengan orang tua. Harus steril supaya bayi tidak mudah sakit karena kuman. Saya pun menyediakan perlengkapan masak dan makan hanya untuk Aleisha. Sendok, piring, mangkok, centong, wajan, pisau, telenan, panci, saringan, dan teman-temannya. Bahkan saya menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Itu lho box buat simpan roti. Tadinya sih mau beli Panasonic Dish Dryer. Sayangnya, sudah cari ke mana-mana, stoknya banyak yang kosong. Saya pun membeli Avent Bottle Sterilizer. Oleh suami dimodifikasi sehingga bisa digunakan untuk mensteril dalam jumlah banyak.

 

Wajib BPA Free atau Food Grade

Informasi tentang BPA Free atau food grade sebenarnya sudah banyak. Tapi kok masih banyak ya emak-emak yang tidak paham dengan BPA Free. Suka gemes sendiri setiap melihat teman yang peralatan buat anaknya tidak BPA Free. Kasihan kan bisa kena resiko kanker. Saya sendiri ketika mendapatkan informasi tentang BPA Free langsung memeriksa wadah-wadah plastic di rumah. Memperhatikan segitiganya, apakah nomor lima atau tidak. Apabila bukan nomor lima, saya periksa lagi, adakah label BPA Free-nya. Makanya begitu mempersiapkan peralatan ASI dan MPASI Aleisha, BPA Free dan food menjadi syarat mutlak. Sewaktu Aleisha menyukai dot HUKI, saya sempat dilemma. Botol HUKI yang dijual di Ind*maret, Caref*ur, dan G*ant dekat rumah belum BPA Free. Dari pada pusing-pusing, dotnya tetap HUKI dan botolnya saya ganti pakai Lynea.

 

Tak Perlu Mahal

Bila menuruti keinginan, mau banget punya Avent Steamer Blender, Avent Mini Blender, atau Chico Easy Mill. Tapi kan mahal. Bisa kempes kantong emak bapaknya. Untuk blender, saya cukup membeli bagian atasnya saja. Kebetulan di Tanah Abang banyak yang menjual. Kalau beli komplit kan lumayan ya harga blender. Walaupun sekarang tidak bisa lagi dipakai. Mlonyoh bo kena sterilizer gara-gara yandanya Aleisha. Dan saya tidak punya budget untuk beli lagi. Ya sudah beli saringan saja. Lagian mama juga lebih suka pakai saringan. Lebih praktis katanya. Panci untuk mengukus saya ambil salah satu dari panci yang ada. Cuci, lalu steril. Buat sarangannya pakai saringan peras santan yang kebetulan jarang dipakai.

 

Untuk lengkapnya, intip yuk perlengkapan makan dan masak Aleisha apa saja. Nih daftarnya.

– Pisau

– Talenan

– Saringan

– Panci dan sarangannya

– Munchkin Food Grinder

Saya beli grinder ini gara-gara lihat videonya di MPASI rumahan. Kok kayaknya keren *hihihi. Walau niat beli karena keren dan warnanya unyu, tapi tetap dipakai. Meski pada awalnya saya agak kesulitan karena tidak tahu cara memakainya. Oh ternyata bagian bulatnya harus dipegang terus ditekan ke bawah. Barulah diputar. Agak berat sih. Tapi puas lihat hasilnya. Lembut.

– Munchkin Fresh Food Feeder

Food feeder ini bermanfaat banget buat gigitan Aleisha. Jadi buah dimasukkan ke jaringnya. Tinggal digigit-gigit deh. Soalnya saya takut Aleisha keselek bila diberi food finger.

– Pigeon Feeding Set

Perlengkapan makan ini dikasih sama Bude Ika. Makasih ya, Bude. Kepakai banget lho

– Tomme Tippee Heat Sensing Spoon

Saya suka sendok ini karena ada sensor panasnya. Bila terkena panas, warnanya berubah menjadi kuning.

– Kinderville LB Silicone Cups

Aleisha belajar minum pakai cup ini. Bahannya lembut dan warna cerah.

– Botol sendok Puku

Beli botol sendok karena permintaan mama. Biar praktis katanya. Ternyata cuma dipakai sebulan doang. Untung beli yang murah 😀

– Takahi Slow Cooker

Tentang takahi slow cooker nanti saya punya cerita sendiri.

– Food Storage

Untuk food storage saya memilih Lock ‘n Lock. Kebetulan ada paket berisi empat box cuma dua puluh empat ribu. Segitiga nomor lima lagi. Aw aw aw murahnya.

18 thoughts on “Perlengkapan MPASI Aleisha

  1. waaaow…hampir sama perlengkapannya….

    saya msh bingung hunting tempat u/ nyimpen makanan di kulkas…yg baik pake apa y?

    thanks 🙂

  2. mom, sampai sekarang saya ga bisa make food grinder. gimana caranya yaa? saya grinder brokoli kok ga bisa. saya cuma pake buat grinder pisang aja. trims

    • Wa’alaikumsalam,
      Ada yg jual di tanah abang blok f
      Kalau online saya kurang tahu
      Maaf tidak bisa membantu 🙂

  3. Pingback: Menjelang MPASI Aldebaran | @AstriHapsari_ | Astri Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + one =