[RESEP] Oseng Udang Buncis Wortel

Astri Hapsari | @AstriHapsari_Kemarin waktu ke pasar, lewat tukang ikan langganan dan lihat udang yang ginuk-ginuk. Memang sih enggak sebesar udang yang biasa saya bawa dari Sorong. Tapi buat ukuran di Bekasi cukup besar. Masih segar pula. Akhirnya memutuskan untuk beli setengah kilo. Sekalian minta dibuangin bagian kepala. Soalnya jari saya sering ketusuk pas lagi bersihin kepala udang.

Hmmm… dimasak apa ya? Maunya yang gampang aja, enggak menghabiskan waktu, tapi enak dan komplit sama sayuran. Ya udah deh dioseng aja. Jadi sekali masak bisa dimakan bertiga sama Aleisha.

Dulu saya kira Aleisha alergi udang. Eh bukan saya ding, tapi eyangnya. Sebenarnya sih saya kurang percaya ya. Mungkin awal perkenalan aja, sehingga tubuhnya Aleisha masih penyesuaian. Cuma pas eyang masih tinggal di sini, saya di warning keras enggak boleh kasih udang. OK, baiklah. Nah, begitu Aleisha liburan ke Sorong, saya coba kasih lagi makan udang. Alhamdulillah enggak alergi kok. Jadilah saya berani memasukkan menu udang sebagai makanan Aleisha.

Wah jadi panjang ceritanya. Marilah kita eksekusi si udang ini. Yukkk….

Oseng Udang Buncis Wortel

Bahan:

  • 500 g udang ukuran agak besar. Bersihkan bagian punggungnya.
  • 200 g buncis. Potong menyerong.
  • 150 g wortel. Potong dadu.
  • 1 buah bawang bombay. Iris-iris tipis.
  • 200 ml air
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdm air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dan 2 sdm air

Bumbu Halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 6 buah cabai keriting merah. Buang bijinya.
  • 2 sdt terasi

Cara Memasak:

  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum
  • Masukkan udang dan masak sampai berubah warna
  • Masukkan buncis dan wortel. Aduk hingga layu. Tambahkan garam, gula, dan merica.
  • Tuangkan air, aduk sebentar, dan tutup. Biarkan hingga matang dan bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan

Nom nom nom… Karena udang itu umami alami, jadi rasa oseng ini gurih meski tidak saya tambahkan vetsin maupun kaldu bubuk. Sik… sik… terus itu pakai cabai, emang Aleisha doyan pedas? Hihiiii… enggak lah. Tuh lihat lagi di bahan. Biji cabainya kan dibuang. Jadi enggak pedas. Hanya warna merah dan aromanya aja. Terus buat emak-bapaknya tinggal ditambahin sambal polos yang selalu ready di kulkas.

Regards,

Facebook : Astri Hapsari | Twitter : @AstriHapsari_ | Instagram : AstriHapsari_ | www.rumah-astri.com | www.AstriHapsari.com

2 thoughts on “[RESEP] Oseng Udang Buncis Wortel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 2 = five