[RESEP] Sup Ayam Sayuran

Astri Hapsari | @AstriHapsari_

Dulu saya pernah membuat status di Facebook, kalau saya enggak suka sup yang ayamnya langsung dicemplungin. Mblengeerrrr bo. Tapi kok banyak orang yang suka masak sup model begini. Bikin penasaran kenapa kok saya malah eneg.

Usut punya usut, ternyata mama mertua yang sering masak ini, memasukkan kulit dan bagian kepala. Hmmm… pantes. Karena di keluarga saya tidak ada yang suka kepala ayam. Dan ibu saya juga enggak pernak masak sup yang ayamnya langsung dimasukkan. Ayam diungkep sendiri, terus digoreng.

Nah, kemarin tiba-tiba pingin banget nih buat sup ayam. Saya pun memilih ayam kampung. Udah enggak diragukan yaaa lezatnya ayam kampung. Tapi tetap saya minta kulit dan kepala ayam dibuang saja. Suami saya pun sebenarnya enggak suka kepala ayam. Saya juga sudah lama enggak pernah masak ayam dengan kulitnya. Kalau diingat-ingat sejak Aleisha MPASI. Pas baca-baca ilmu MPASI, lebih baik memasak ayam tanpa kulitnya. Karena lemak di kulit ayam itu tinggi banget. Kecuali kulit dibagian sayap ya. Soalnya kulit bagian sayap memang susah dihilangkan.

Sekarang kita eksekusi aja yuk si ayam kampung.

Sup Ayam Sayuran

Bahan:

  • 1/2 potong ayam kampung
  • 1/2 wortel ukuran besar. Potong dadu
  • 1 buah kentang ukuran sedang. Potong dadu
  • 100 gram jamur merang. Iris tipis
  • 1 buah jagung manis. Pipil
  • 2 batang daun bawang
  • 1,5 liter air kaldu

Bumbu:

  • 6 buah bawang putih. Keprek
  • 3/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 1 batang ukuran kecil kayu manis
  • 2 butir cengkeh
  • 1/4 buah pala
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Taburan:

Bawang goreng

Cara Membuat Kaldu:

  • Setelah ayam kampung dicuci bersih. Masukkan ke dalam air dan rebus ayam dengan api kecil selama 1,5 jam. Jangan pakai api sedang atau besar ya, karena tulang ayam cepat matang. Sehingga kaldu tidak mau keluar. Karena tidak memakai kulit, air rebusan ayamnya tidak mengeluarkan busa. Kaldunya lebih bening.
  • Tapi kalau khawatir butek, bisa diblansir dulu. Rebus ayam dengan api sedang sebentar saja sampai mendidih. Buang air, lalu ganti dengan air baru. Kemudian rebus dengan api kecil.
  • Bila jumlah air menyusut, bisa ditambahkan sedikit air hingga jumlahnya 1,5 liter untuk membuat sup. Namun jangan memasukkan air dingin ya. Pakai air yang sudah didihkan terlebih dahulu. Supaya sup tidak cepat basi.
  • Rahasia sup ayam yang enak ada di kaldunya. Semakin kental kaldunya, semakin nikmat rasa sup. Jadi jangan salah memasak kaldu ya.

Cara Memasak Sup:

  • Setelah kaldu jadi, angkat ayam dan biarkan dingin. Setelah itu, suwir-suwir ayam sesuai selera. Masukkan kembali ke air kaldu.
  • Tumis bawang putih keprek dan bawang bombay hingga harum. Masukkan pala, cengkeh, dan kayu manis. Aduk sebentar, lalu angkat.
  • Masukkan tumisan bumbu ke panci berisi ayam. Tambahkan lada dan garam. Masak kembali hingga kaldu mendidih.
  • Tuangkan sayuran. Tutup panci dan biarkan sampai wortel empuk.
  • Tambahkan daun bawang dan koreksi rasa.
  • Taburkan bawang goreng saat akan disajikan.
Lebih enak ditambah lauk tahu

Lebih enak ditambah lauk tahu

Hmmm… nom nom nom. Kalau sup ayamnya begini, saya sih ketagihan. Sup ayam ini pas buat Aleisha yang lagi flu. Kandungan rempahnya membuat badan hangat. Aleisha juga lahap sekali makannya.

Regards,

Facebook : Astri Hapsari | Twitter : @AstriHapsari_ | Instagram : AstriHapsari_ | www.rumah-astri.com | www.AstriHapsari.com

2 thoughts on “[RESEP] Sup Ayam Sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 6 = ten