Salahkah Membawa Anak Kecil Naik Commuter Line Saat Jam Sibuk?

 

Aleisha on train

Aleisha on train

 

“Kalau bawa anak naik kereta, jangan jam kerja, Bu.”

Komentar seperti itu sering kali terlontar dari penumpang Commuter Line saat melihat ibu-ibu menggendong anak di jam sibuk. Kenapa sih nggak nunggu agak siangan aja? Enak lebih longgar. Kasihan anaknya. Jangankan bawa anak kecil, bawa diri sendiri aja susah. Kegencet sana-sini. Kaki di mana, badan di mana. Sampai kantor, boyok udah rontok semua. Sebenarnya sih… mmm… saya juga salah satu yang pernah bilang begitu ke ibu-ibu yang gendong anak *ngaku 😀 Malah sampai saya bikin status di FB *hehehe. Gara-garanya saya sebel sama ibu-ibu yang mengajak anaknya belanja di Tanah Abang. Dan pulangnya naik kereta bareng orang-orang pulang kerja.

Sampai suatu hari, saya mendengar penuturan seorang ibu yang menggendong anaknya.

“Ya gimana lagi, Mbak. Saya terpaksa. Anak saya harus berobat ke RSCM. Kalau nggak pagi-pagi suka antri. Terus pulangnya kemalaman. Lebih kasihan lagi anak saya, Mbak.”

Deg!

Hati saya langsung mencelos. Cepat-cepat saya beristighfar. Ya Allah ternyata bukan sengaja mereka mengajak anak-anaknya kegencet kereta saat jam sibuk.

Bisa jadi mereka mau berobat. Dan harus pagi-pagi supaya tidak antri.

Bisa jadi, ada anggota keluarga mereka yang sakit parah. Dan mereka harus berkejaran dengan waktu agar tidak terlambat.

Bisa jadi mereka …

Bisa jadi mereka …

Ya, banyak hal yang kita tidak tahu. Kewajiban kita hanyalah TOLERAN. Kalaupun kesal dengan si ibu, tengoklah si kecil. Apakah kita tidak kasihan? Tanyakan pada nurani masing-masing. Andaikan kita dalam posisi mereka, bagaimana perasaan kita diperlakukan seperti itu oleh penumpang lain. Nggak usah dijawab dengan kata-kata. Terkadang sebuah kejujuran hanya bisa dijawab dalam hati. Dan saya yakin jawaban hati kita, nurani kita, adalah kasihan dan rasa simpati.

Lalu bagaimana dengan ibu-ibu yang mengajak anaknya belanja ke Tanah Abang?

Bisa jadi si ibu menggantungkan hidupnya dari berdagang. Dan saat harus kulakan, tak ada yang menjaga anaknya.

Jadi alangkah baiknya kita tetap bertoleran. Apapun alasannya. Ya, ini juga sebagai pengingat diri sendiri. Semoga Allah selalu menganugerahkan hati yang lembut kepada saya dan penumpang Commuter Line lainnya.

4 thoughts on “Salahkah Membawa Anak Kecil Naik Commuter Line Saat Jam Sibuk?

  1. Halo Mba..
    Saya mau minta izin, bolehkah saya share artikel ini di Facebook Page, Whatsapp Group dan Path saya? Kebetulan saya anggota komunitas @jalurbekasi, yaitu pengguna Commuter Line di Bekasi. Saya rasa artikel ini bagus sekali, saya pengen temen2 saya baca ini. Sebelumnya terimakasih ya 🙂

  2. Bener banget, say. Saat Muhammad cek rutin kemarin di RSCM, aku ngobrol dengan ibu yang bawa anaknya naik kereta. Dan, memang harus pagi-pagi karena kalo gak, bisa sampe siang banget. Semoga dimudahkan para ibu tersebut. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 × five =