Siapa yang Harus KB?

 

 

“Ay, lu KB nggak?”

Pertanyaan ini pasti akan terlontar untuk ibu-ibu yang baru melahirkan. Saya juga mendapatkan pertanyaan tentang KB usai melahirkan Aleisha. Saya dan suami memang memutuskan untuk menunda program anak kedua. Saya ingin Aleisha full mendapat ASI hingga dua tahun tanpa intervensi. Tapi untuk menunda kehamilan kedua, saya memutuskan untuk tidak KB.

 

“Tapi kan kalau KB lebih aman?”

Ah, kata siapa? Buktinya banyak tuh yang pakai IUD hamil. Malah ada beberapa yang IUDnya tidak teraba. Ih takut. Ya, saya memang takut dan seram pakai KB IUD. Soalnya dengar dari teman pasangnya sakit. Saya juga nggak berani KB suntik. Masa iya sih satu atau tiga bulan sekali musti suntik. Haduh parno saya. KB pil walaupun sekarang ada yang nggak mempengaruhi ASI, tetap say no. Saya ini orangnya pelupa. Jadilah saya minta suami yang KB.

 

“Suami yang KB? Gimana caranya?”

Hihihi itu sih nggak usah lah ya dibahas di sini. Kalau mau tahu, tinggal tanya aja ke dokter atau sama Om Google. Pasti ada kok yang sharing tentang ini. Bisa juga dengan KB kalender. Itu berarti kita harus pintar menghitung masa subur. Saya sih nggak bisa pakai KB kalender karena menyusui eksklusif. Alhasil, selama tujuh bulan, saya tidak haid. Sekarang pun haid masih nggak teratur. Jadi riskan pakai KB kalender. Sebenarnya bisa pakai ovutest untuk mengetahui masa subur. Sayang lumayan mahal harganya *emak medit.

 

“Emang kenapa suami yang disuruh KB?”

Hahaha… jawabannya lebih kepada sisi egois. Saya kan sudah hamil, melahirkan, dan menyusui. Masa sih masih disuruh KB. Bagi-bagi lah sama suami. Hehehe… jangan ditiru ya. Tapi kalau suami ikhlas, ya Alhamdulillah.

 

Ya semoga saja saya dan suami berhasil ya menunda kehamilan kedua sampai Aleisha selesai ASI. Pinginnya sih Aleisha umur empat tahun. Biar pas utienya sudah stay di Klaten dan berjodoh dengan bidan Yesie. Amiin…. Buat Kanjeng Romo. Makasih banget untuk pengertiannya :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − four =